Minggu, 28 Oktober 2012

MIDDLEWARE TELEMATIKA



A.Pengertian Middleware
Middleware adalah software penghubung yang berisi sekumpulan layanan yangmemungkinkan beberapa proses dapat berjalan pada satu atau lebih mesin untuk salingberinteraksi pada suatu jaringan. Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasimainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yangberbeda.Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware merupakan istilah umumdalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupununtuk meningkatkan fungsi dari dua buah program/aplikasi yang telah ada. Perangkat lunak middleware merupakan perangkat lunak yang terletak diantara program aplikasi dan pelayanan-pelayanan yang ada di sistem operasi.
B.Fungsi Middleware
Fungsi-fungsi dari middleware adalah sebagai berikut :
Menyediakan lingkungan pemrograman aplilasi sederhana yang menyembunyikanpenggunaan secara detail pelayanan-pelayanan yang ada pada sistem operasi.
Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakupberbagai komputer dan sistem operasi.
Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, sepertidalam hal: networking, security, database, user interface, dan system administration.
Perkembangan Middleware
Perkembangan middleware dari waktu ke waktu dapat dikatagorikan sebagai berikut:
1.On Line Transaction Processing (OLTP)Merupakan perkembangan awal dari koneksi antar remote database. Pertama kaliditemukan tahun 1969 oleh seorang engineer di Ford, kemudian diadopsi oleh IBMhingga kini dikenal sebagai proses OLTP. DIGITAL ACMS merupakan contohlainnya yang sukses pada tahun 70-an dan 80-an. UNIX OLTP lainnya seperti:
Encina, Tuxedo pada era 80-an, serta DIGITAL CICS untuk UNIX yangmemperkenalkan konsep dowsizing ke pasar.
2.Remote Procedure Call (RPC)Menyediakan fasilitas jaringan secara transparan. Open Network Computing (ONC)merupakan prototipe pertama yang diperkenalkan awal tahun 70-an.
Sun unggul dalam hal ini dengan mengeluarkan suatu standar untuk koneksi ke internet. Distributed Computing Environment (DCE) yang dikeluarkan oleh Open SystemsFoundation (OSF) menyediakan fungsi-fungsi ONC yang cukup kompleks dan tidak mudah untuk sistem administrasinya.
D.Layanan Middleware
Layanan Middleware merupakan sekumpulan software terdistribusi yang menempatilapisan antara aplikasi dan sistem operasi serta layanan jaringan di suatu node pada jaringankomputer. Menyediakan kumpulan fungsi API (Application Programming Interfaces) yanglebih tinggi daripada API yang disediakan sistem operasi dan layanan jaringan yangmemungkinkan suatu aplikasi dapat :

Mengalokasikan suatu layanan secara transparan pada jaringan.
Menyediakan interaksi dengan aplikasi atau layanan lain.
Tidak tergantung dari layanan jaringan.
Handal dan mampu memberikan suatu layanan
Diperluas (dikembangkan) kapasitasnya tanpa kehilangan fungsinyaTipe-tipe dari Layanan Middleware :
1.Layanan Sistem TerdistribusiKomunikasinya bersifat kritis, program-to-program dan biasanya merupakan layananmanajemen data seperti: RPC, MOM (Message Oriented Middleware) dan ORB.
2.Layanan ApplicationAksesnya ke layanan terdistribusi dan jaringan, seperti : TP (transaction processing)monitor dan layanan database, seperti Structured Query Language (SQL).
3.Layanan Manajemen MiddlewareMemungkinkan aplikasi dan fungsi dimonitor secara terus menerus untuk menyakinkan unjuk kerja yang optimal pada lingkungan komputasi terdistribusi.
 Contoh-contoh dari layanan middleware :
1.Transaction MonitorMerupakan Produk pertama yang disebut middleware. Menempati posisi antarapermintaan dari program client dengan database, untuk menyakinkan bahwa semuatransaksi ke database terlayani dengan baik.
2.Messaging MiddlewareMerupakan antarmuka dan transportasi antar aplikasi. Dapat menyimpan data dalamsuatu antrian message jika mesin tujuan sedang mati atau overloaded. Berisi businesslogic yang merutekan message ke tujuan sebenarnya dan memformat ulang data lebihtepat. Sama seperti sistem messaging email, kecuali messaging middleware digunakanuntuk mengirim data antar aplikasi.
3.Database MiddlewareMiddleware basisdata menyediakan interface antara sebuah query dengan beberapadatabase yang terdistribusi. Menggunakan, baik arsitektur hub and spoke atauarsitektur terdistribusi, sehingga memungkinkan data untuk digabungkan dari beberapasumber data yang berbeda atau terpisah.
4.Middleware Application ServerMerupakan sebuah Web-based Application server, yang menyediakan antarmukauntuk berbagai aplikasi. Digunakan sebagai middleware antara browser denganaplikasi. J2EE adalah contoh application serverA wide range of server-side processinghas been supported by appservers (i.e.;J2EE).

E.Contoh Middleware
Berikut ini merupakan contoh-contoh perangkat lunak dari middleware :
Java’s: Remote Procedure Call
 Object Management Group’s:
 Common Object Request Broker Architecture (CORBA)
Microsoft’s COM/DCOM (Component Object Model) :
 Also .NET Remoting
ActiveX controls (in-process COM components).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar