Sabtu, 02 Februari 2013

MAKALAH VIRTUAL MACHINE (VIRTUAL PC)


MAKALAH VIRTUAL MACHINE
(VIRTUAL PC)

NAMA : RORY ZULFI ZAYADI
KELAS  : 4KA11
NPM    :13109994
TUGAS : PENGANTAR TELEMATIKA

Mesin virtual pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali.[1]
Contoh, program yang ditulis dalam bahasa Java akan dilayani oleh Java Virtual Machine (JVM) dengan cara memberikan perintah-perintah yang dimengerti JVM yang selanjutnya akan memberikan hasil yang diharapkan. Dengan memberikan layanan seperti ini kepada program tersebut, perangkat lunak JVM ini berlaku sebagai sebuah "mesin virtual", sehingga program tidak lagi perlu untuk mengakses langsung melalui sistem operasi ataupun perangkat keras yang sangat bervariasi dan memerlukan pemrograman masing-masing secara spesifik.
Mesin virtual terdiri dari dua kategori besar, dipisahkan menurut cara penggunaan dan tingkat keterhubungannya dengan mesin-mesin aslinya. Sebuah mesin virtual sistem adalah perangkat yang berupa platform sistem yang lengkap dan dapat menjalankan sebuah sistem operasi yang lengkap pula. Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan sebuah program komputer tertentu (tunggal), yang berarti mesin virtual ini mendukung proses tertentu juga. Karakteristik mendasar dari sebuah mesin virtual adalah batasan-batasan bagi perangkat lunak yang berjalan di dalam mesin tersebut, sumber daya yang dibatasi, dan tidak dapat mengakses ke luar tembok batasan dunia maya itu.

Virtual machine (VM) adalah suatu environment, biasanya sebuah program atau sistem operasi, yang tidak ada secara fisik tetapi dijalankan dalam environment lain.  Dalam  konteks   ini,  VM  disebut  “guest”  sementara  environment  yang menjalankannya   disebut  “host”.   Ide   dasar   dari  virtual   machine  adalah mengabtraksi perangkat keras dari satu komputer (CPU, memori,  disk, dst) ke beberapa  environment  eksekusi,   sehingga  menciptakan   illusi  bahwa  masing-masing environment menjalankan komputernya (terpisah) sendiri. VM muncul karena pada satu komputer. Virtual Machine (VM) sendiri mulai dikenalkan oleh IBM ketika meluncurkansistem operasi mainframenya pada tahun 1965-an. Diperkenalkan untuk sistem S/370   dan   S/390   dan   disebut   sebagai   sistem  operasi  VM/ESA  (Enterprise System Architecture).
Teknologi virtual  machine memiliki  banyak kegunaan seperti  memungkinkan konsolidasi  perangkat keras,  memudahkan  recovery  sistem,  dan menjalankan perangkat lunak terdahulu.  Salah  satu penerapan penting dari teknologi  VM adalah   integrasi   lintas  platform. Beberapa   penerapan   lainnya   yang   penting adalah:
  1. Konsolidasi  server
    Jika beberapa server menjalankan aplikasi yang hanya memakan sedikit sumber daya, VM dapat digunakan untuk menggabungkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga berjalan pada satu server saja, walaupun aplikasi tersebut memerlukan sistem operasi yang berbeda-beda.
  2. Otomasi dan konsolidasi lingkungan pengembangan dan testing
    Setiap VM  dapat   berperan   sebagai   lingkungan   yang   berbeda,   ini  memudahkan pengembang sehingga tidak perlu menyediakan lingkungan tersebut secara fisik.
  3. Menjalankan perangkat  lunak terdahulu
    Sistem operasi dan perangkat lunak terdahulu dapat dijalankan pada sistem yang lebih baru.
  4. Memudahkan  recovery  sistem
    Solusi   virtualisasi   dapat   dipakai   untuk rencana recovery sistem yang memerlukan portabilitas dan fleksibilitas antar platform.
  5. Demonstrasi perangkat lunak
    Dengan teknologi VM, sistem operasi yang bersih dan konfigurasinya dapat disediakan secara cepat.
KELEBIHAN VIRTUAL MACHINE (VM)
  1. Hal  keamanan.
    VM memiliki  perlindungan yang  lengkap pada berbagai sistem  sumber   daya,   yaitu   dengan  meniadakan   pembagian   sumber   daya secara  langsung,  sehingga  tidak ada masalah proteksi  dalam VM.  Sistem VM adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan VM, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
  2. Memungkinkan   untuk  mendefinisikan   suatu   jaringan   dari   Virtual Machine   (VM).
    Tiap-tiap   bagian  mengirim  informasi  melalui   jaringan komunikasi  virtual.  Sekali   lagi,   jaringan  dimodelkan   setelah komunikasi fisik jaringan diimplementasikan pada perangkat lunak.
KEKURANGAN VIRTUAL MACHINE.  Beberapa kesulitan utama dari konsep VM, diantaranya adalah:
  1. Sistem penyimpanan.
    Sebagai contoh kesulitan dalam sistem penyimpanan adalah   sebagai   berikut:   Andaikan   kita   mempunyai   suatu   mesin   yang memiliki  3  disk drive  namun  ingin mendukung 7 VM.  Keadaan  ini   jelas tidak memungkinkan bagi kita untuk dapat mengalokasikan setiap disk drive untuk  tiap VM,  karena perangkat   lunak untuk mesin virtual   sendiri  akan membutuhkan   ruang disk   secara   substansial  untuk menyediakan  memori virtual  dan  spooling.  Solusinya   adalah dengan menyediakan disk  virtual atau   yang   dikenal   pula   dengan  minidisk,   dimana   ukuran   daya penyimpanannya   identik   dengan   ukuran   sebenarnya.   Dengan   demikian, pendekatan VM juga menyediakan sebuah antarmuka yang identik dengan perangkat keras yang mendasari.
  2. Pengimplementasian sulit.
    Meski konsep VM cukup baik, namun VM sulit diimplementasikan.
Contoh virtual machine : Vmware, Xen VMM , Java VM
Jenis-jenis dari VM adalah:
  1. VM sistem di mana sebuah VM dapat menjalankan sebuah  sistem operasinya  sendiri.
  2. VM proses  di  mana VM hanya menjalankan sebuah proses saja.
Kemudian VM juga dibagi berdasarkan tingkat virtualisasinya:
  1. Virtualisasi   penuh   yang  mensimulasikan   seluruh   fitur  perangkat  keras   sehingga memungkinkan perangkat   lunak berjalan pada VM tanpa  modifikasi.
  2. Virtualisasi   paruh,   di  mana   tidak   semua   fitur perangkat keras disimulasikan.
  3. Virtualisasi asli, yang mana merupakan   virtualisasi   penuh   yang   digabungkan   dengan   bantuan   perangkat keras yang mendukung virtualisasi.
v  VIRTUAL PC INTERNET KONEKSI SETUP DAN PEMECAHAN MASALAH

Jaringan pilihan

Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk mesin virtual Microsoft Windows tersambung ke Internet:
·         Virtual Switch

Gunakan pilihan ini jika Anda ingin melakukan tugas-tugas dasar, tetapi juga harus tersambung ke domain Windows NT, berbagi file dengan sistem windows lainnya, port khusus digunakan untuk membuat koneksi, atau jaringan antara sistem operasi host dan sistem operasi tamu.
·         Jaringan bersama

Gunakan pilihan ini jika Anda ingin melihat halaman Web, cek email Anda untuk pesan, situs FTP, dan melakukan tugas-tugas dasar lain online. Anda dapat menggunakan opsi ini jika komputer Macintosh host selalu terhubung ke Internet dengan modem.
·         Modem

Gunakan opsi ini apabila komputer Macintosh host tidak terhubung langsung ke jaringan atau terhubung ke Internet sebentar-sebentar. Anda harus menggunakan modem dari dalam sistem operasi tamu.
Sebelum mengkonfigurasi jaringan, memperbarui sistem operasi Anda dan salinan Virtual PC. 

Untuk memperbarui versi Mac OS 9, ikuti langkah berikut:
1.      Arahkan ke Apple menu, dan kemudian klik Panel kontrol.
2.      Klik Update perangkat lunak.
3.      Klik Update sekarang, dan kemudian ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menginstal versi terbaru.
Untuk memperbarui versi Mac OS X, ikuti langkah berikut:
1.      Di dermaga, klik Sistem preferensi.
2.      Klik Update perangkat lunak.
3.      Pada tab Update perangkat lunak , klik Periksa sekarang, dan kemudian ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menginstal versi terbaru.
Menghubungi dukungan produk Microsoft untuk informasi tentang cara mendapatkan update terbaru untuk Connectix Virtual PC untuk Mac versi 5. Untuk mengunduh update terbaru untuk Virtual PC untuk Mac versi 6, kunjungi Web site Microsoft berikut:
Gunakan tabel berikut untuk menentukan versi Virtual PC yang dapat Anda gunakan dengan sistem operasi Macintosh Anda:

Versi sistem operasi Mac
Virtual PC versi
Mac OS 9.1.1, 9.2.2 atau Mac OS 10.1.5
5.0.4
Mac OS 9.2.2 atau Mac OS 10.2.6
6.0.1
Mac OS 9.2.2 atau Mac OS 10.2.6
6.1

Virtual Switch

Virtual Switch set up sebuah alamat IP yang terpisah untuk mesin virtual. Anda dapat memperbaiki ini alamat IP atau mengkonfigurasi secara dinamis dengan DHCP. 

Catatan Microsoft tidak menganjurkan menggunakan Virtual beralih ketika komputer Macintosh host terhubung ke jaringan dengan bandara atau jaringan nirkabel lainnya.

Untuk mengkonfigurasi Virtual Switch, ikuti langkah berikut:
1.      Mulai Virtual PC.
2.      Klik mesin virtual dalam daftar Virtual PC , dan kemudian klik pengaturan. 
Catatan Jika Anda tidak dapat melihat daftar Virtual PC , klik Virtual PC, dan kemudian klik Virtual PC daftar.
3.      Klik Jaringan, dan kemudian klik untuk memilih Mengaktifkan jaringan.
4.      Klik Virtual Switch, dan kemudian klik OK.
5.      Klik Start Up. Catatan Karena ada beberapa versi Microsoft Windows, langkah berikut mungkin berbeda pada komputer Anda. Jika mereka, lihat dokumentasi produk Anda untuk melengkapi langkah ini.
6.      Di mesin virtual di Windows, jalankan Microsoft Internet Explorer. Jika Wisaya sambungan baru tidak dimulai, ikuti langkah berikut:
a.       Dalam menu Tools , klik Internet Options.
b.      Pada Connections tab, klik Setup.
7.      Klik berikutnya.
8.      Klik Sambungkan ke Internet, dan kemudian klik berikutnya.
9.      Klik mengkonfigurasi koneksi saya secara manual, dan kemudian klik berikutnya.
10.  Klik Sambungkan dengan menggunakan sambungan broadband yang ada selalu di, dan kemudian klik berikutnya.
11.  Klik Finish.
Jika Anda tidak dapat terhubung ke Internet, lihat bagian "pemecahan masalah" pada artikel ini.

Jaringan bersama

Anda dapat menggunakan Shared Networking ketika komputer Macintosh host selalu terhubung ke jaringan dengan kabel Ethernet, Bandara atau jaringan nirkabel lainnya atau modem ke penyedia layanan Internet atau jaringan. Komputer Macintosh host harus membuat sambungan sebelum Anda memulai mesin virtual. 

Untuk mengkonfigurasi berbagi jaringan, ikuti langkah berikut:
1.      Mulai Virtual PC.
2.      Klik mesin virtual dalam daftar Virtual PC , dan kemudian klik pengaturan. 

Catatan Jika Anda tidak dapat melihat daftar Virtual PC , klik Virtual PC, dan kemudian klik Virtual PC daftar.
3.      Klik Jaringan, dan kemudian klik untuk memilih Mengaktifkan jaringan.
4.      Klik Berbagi jaringan, dan kemudian klik OK.
5.      Klik Start Up. Catatan Karena ada beberapa versi Microsoft Windows, langkah berikut mungkin berbeda pada komputer Anda. Jika mereka, lihat dokumentasi produk Anda untuk melengkapi langkah ini.
6.      Di mesin virtual di Windows, jalankan Internet Explorer. Jika Wisaya sambungan baru tidak dimulai, ikuti langkah berikut:
a.       Dalam menu Tools , klik Internet Options.
b.      Pada Connections tab, klik Setup.
7.      Klik berikutnya.
8.      Klik Sambungkan ke Internet, dan kemudian klik berikutnya.
9.      Klik mengkonfigurasi koneksi saya secara manual, dan kemudian klik berikutnya.
10.  Klik Sambungkan dengan menggunakan sambungan broadband yang ada selalu di, dan kemudian klik berikutnya.
11.  Klik Finish.
Jika sambungan gagal, lihat bagian "pemecahan masalah" pada artikel ini. 


Modem

Anda dapat tersambung ke Internet atau jaringan dengan modem. Anda dapat menggunakan modem hanya untuk menghubungkan ketika komputer Macintosh host atau mesin virtual lain tidak menggunakan modem.

Untuk mengkonfigurasi jaringan dengan modem, ikuti langkah berikut:
1.      Mulai Virtual PC.
2.      Klik mesin virtual dalam daftar Virtual PC , dan kemudian klik pengaturan. 

Catatan Jika Anda tidak dapat melihat daftar Virtual PC , klik Virtual PC, dan kemudian klik Virtual PC daftar.
3.      Klik Jaringan, dan kemudian klik untuk mengosongkan kotak centang Mengaktifkan jaringan .
4.      Klik COM1 Port, dan kemudian klik Mac serial port.
5.      Arahkan ke modem, dan kemudian klik modem Anda.
6.      Klik untuk mengosongkan kotak centang Advanced Settings , dan kemudian klik OK.
7.      Klik Start Up. Catatan Karena ada beberapa versi Microsoft Windows, langkah berikut mungkin berbeda pada komputer Anda. Jika mereka, lihat dokumentasi produk Anda untuk melengkapi langkah ini.
8.      Di Windows virtual machine, titik untuk memulai, dan kemudian klik Panel kontrol.
9.      Klik dua kali Opsi telepon dan Modem.
10.  Jika Anda diminta untuk informasi lokasi, ketik informasi, dan kemudian klik OK.
11.  Pada tab modem , klik Tambah.
12.  Klik untuk memilih Jangan mendeteksi modem; Saya akan memilihnya dari daftar. Periksa kotak, dan kemudian klikberikutnya.
13.  Di bawah produsen, klik Jenis Modem standar.
14.  Di bawah model, klik (standar 56000 bps Modem).

Catatan Ini mungkin muncul sebagai generik v.90 56000 bps Modem atau standar 56000 bps V90 Modem.
15.  Klik berikutnya.
16.  Klik COM1, dan kemudian klik berikutnya.
17.  Klik selesai, dan kemudian klik OK.
18.  Jalankan Internet Explorer. Jika Wisaya sambungan baru tidak dimulai, ikuti langkah berikut: Catatan karena ada beberapa versi Microsoft Windows, langkah berikut mungkin berbeda pada komputer Anda. Jika mereka, lihat dokumentasi produk Anda untuk melengkapi langkah ini.
a.       Dalam menu Tools , klik Internet Options.
b.      Pada Connections tab, klik Setup.
19.  Klik berikutnya.
20.  Klik Sambungkan ke Internet, dan kemudian klik berikutnya.
21.  Klik mengkonfigurasi koneksi saya secara manual, dan kemudian klik berikutnya.
22.  Klik Sambungkan dengan menggunakan modem dial-up, dan kemudian klik berikutnya.
23.  Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengkonfigurasi sambungan ke penyedia layanan Internet (ISP).
24.  Dalam menu Tools , klik Internet Options.
25.  Pada Connections tab, klik selalu putar nomor sambungan asali saya, dan kemudian klik OK.
26.  Tutup Internet Explorer, dan kemudian mulai Internet Explorer.

Pemecahan Masalah

Salah satu masalah berikut dapat menyebabkan masalah ketika mencoba tersambung ke Internet:
·         Komputer Macintosh host memiliki masalah koneksi fisik seperti masalah dengan kabel atau adapter jaringan.
·         Windows tidak dapat menghubungi DHCP server.
·         Windows tidak dapat menghubungi DNS server.
·         Virtual Switch dan Bandara yang tidak kompatibel.
Menggunakan bagian berikut untuk mengatasi masalah sambungan Internet.


Periksa konektivitas Macintosh

Jika Anda menggunakan Shared jaringan atau Virtual Switch, masalah yang mempengaruhi komputer Macintosh host juga mempengaruhi mesin virtual yang menggunakan Shared Networking.

Verifikasi bahwa host Macintosh dapat terhubung ke Internet. Jika Anda tidak dapat terhubung ke situs Web, atau jika Internet browser hanya menampilkan versi luring situs Web, komputer Macintosh host mungkin memiliki masalah konektivitas. Untuk bantuan untuk memecahkan masalah ini, kunjungi berikut Apple dukungan situs Web:
Microsoft menyediakan informasi kontak pihak ketiga untuk membantu Anda menemukan dukungan teknis. Informasi kontak ini dapat berubah tanpa pemberitahuan. Microsoft tidak menjamin ketepatan dari informasi kontak pihak ketiga ini. 


Menguji resolusi nama

DNS server host menyediakan resolusi nama. Jika Anda tidak dapat terhubung ke Internet, mungkin ada masalah dengan konfigurasi DNS. Untuk menentukan apakah ada masalah dengan konfigurasi DNS dari sambungan dial-up ke ISP Anda, ikuti langkah berikut:
1.      Pada prompt perintah, ketik:
Ping Microsoft.com
2.      Tekan ENTER.

Salah satu peristiwa berikut terjadi:
o    Jika komputer dapat menghubungi server DNS untuk menerjemahkan Microsoft.com ke alamat IP, Balasan akan muncul yang mirip dengan jawaban berikut:
o     
o    Pinging microsoft.com [207.46.245.222] with 32 bytes of data:
o     
o    Request timed out.
o    Request timed out.
o    Request timed out.
o    Request timed out.
o     
o    Ping statistics for 207.46.245.222:
o     Packets: Sent = 4, Received = 0, Lost = 4 (100% loss),
o    Jika komputer tidak dapat menghubungi server DNS untuk menerjemahkan Microsoft.com ke alamat IP, Balasan akan muncul yang mirip dengan jawaban berikut:
o     
o    Ping request could not find host microsoft.com. Please check the name and try again.

Memverifikasi bahwa DHCP bekerja

Untuk memverifikasi apakah DHCP bekerja dengan benar di Virtual PC, ikuti petunjuk untuk sistem operasi tertentu Anda.
Windows 95, Windows 98, Windows 98 Second Edition, dan Windows Millennium Edition
Untuk melihat pengaturan IP Anda, ikuti langkah berikut:
1.      Klik mulai, klik Jalankan, ketik SQLUSA, dan kemudian klik OK.
2.      Dalam kotak Informasi Adapter Ethernet , pilih adapter jaringan.
3.      Klik Lebih Info untuk melihat rincian lengkap.
Untuk me-reset pengaturan IP Anda, ikuti langkah berikut:
1.      Klik mulai, klik Jalankan, ketik SQLUSA, dan kemudian klik OK.
2.      Dalam kotak Informasi Adapter Ethernet , pilih adapter jaringan.
3.      Klik rilis, klik Renew, dan kemudian klik OK.
Jika mesin virtual tidak mendapatkan alamat IP dari host, Anda mungkin harus mengaktifkan Jasa DHCP pada host, atau secara manual menetapkan alamat IP statis untuk klien. 

Ketika menggunakan Shared Networking, mesin virtual harus memperoleh informasi IP yang sama dengan informasi berikut:
 
 
DNS Servers: 192.168.131.252 
IP Address: 192.168.131.### (where ### is a number between 2 and 251)
Subnet Mask: 255.255.255.0 
Default Gateway: 192.168.131.254 
DHCP Server: 192.168.131.254
Jika angka-angka ini tidak cocok, dan Anda menggunakan Shared Networking, mencoba untuk secara manual mengkonfigurasi IP address untuk mesin virtual. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
1.      Klik mulai, klik pengaturan, dan kemudian klik Panel kontrol.
2.      Klik dua kali Jaringan, gulir ke bagian bawah daftar, dan kemudian klik TCP/IP ->Ethernet Adapter jaringan . 

Catatan Jika lain satu TCP/IP -> Adapter jaringan Ethernet perangkat muncul, klik Intel Ethernet controller atau DESEMBER Ethernet controller .
3.      Klik Properti, dan kemudian klik tentukan alamat IP.
4.      Dalam kotak Alamat IP , jenis 192.168.131.### mana ### adalah setiap nomor antara 175 dan 200. 

Catatan Angka-angka ini adalah hanya disarankan angka yang paling mungkin mengganggu dengan alamat yang ada di jaringan Anda. Setiap nomor antara 2 dan 251 juga dapat bekerja.
5.      Dalam kotak Subnet Mask , ketik:
255.255.255.0
6.      Klik Gateway tab, dan kemudian dalam kotak Baru Gateway , ketik:
192.168.131.254
7.      Klik Tambahkan.
8.      Klik tab Konfigurasi DNS , klik Mengaktifkan DNS.
9.      Dalam kotak Host , ketik:
host
10.  Dalam kotak Domain , ketik:
domain
11.  Dalam Urutan pencarian DNS Server kotak, ketik:
192.168.131.252
12.  Klik Tambah, dan kemudian klik OK.
13.  Restart mesin virtual.
Jika Anda tidak dapat terhubung ke Internet dengan mengikuti langkah-langkah ini, Virtual PC mungkin tidak dapat menemukan server DNS Macintosh Anda, dan Anda harus mengetikkan alamat IP server secara manual ke dalam Virtual PC. 

Lihat bagian "menemukan Macintosh Anda DNS Server" dari artikel ini untuk menemukan server DNS Macintosh Anda, dan kemudian ketik ke dalam kotak Urutan pencarian DNS Server yang dijelaskan dalam bagian ini. 


Windows NT, Windows 2000, atau Windows XP
Untuk melihat pengaturan IP Anda, ikuti langkah berikut:
1.      Klik Start, dan kemudian klik Run.
2.      Di kotak Buka , ketikkan:
CMD
3.      Klik OK.
4.      Jenis:
ipconfig/all
5.      Tekan ENTER.
Ketika Anda menggunakan Virtual Switch, informasi IP Anda harus muncul sama sebagai komputer lain pada jaringan Anda. Jika tidak, mengubah pengaturan di mesin virtual untuk memperbaiki ini. 

Ketika menggunakan Shared Networking, mesin virtual harus memperoleh informasi IP yang sama dengan informasi IP berikut:
 
Windows 2000 IP Configuration 
 
Host Name . . . . . . . . . . . . : Host Name 
Primary DNS Suffix . . . . . . . : DNS Suffix 
Node Type . . . . . . . . . . . . : Hybrid 
IP Routing Enabled. . . . . . . . : No 
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No 
 
Ethernet adapter Local Area Connection: 
 
Connection-specific DNS Suffix . : DNS Suffix 
Description . . . . . . . . . . . : Intel 21041 Based PCI Ethernet Adapter 
Physical Address. . . . . . . . . : 00-03-FF-63-D8-FC 
DHCP Enabled. . . . . . . . . . . : Yes 
Autoconfiguration Enabled . . . . : Yes 
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.131.### (where ### is a number between 2 and 251)
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0 
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.131.254 
DHCP Server . . . . . . . . . . . : 192.168.131.254 
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 192.168.131.252 
Lease Obtained. . . . . . . . . . : Friday, January 17, 2003 9:12:01 AM 
Lease Expires . . . . . . . . . . : Wednesday, January 22, 2020 4:00:32 AM 
 
Jika angka-angka ini tidak cocok, dan Anda menggunakan Shared Networking, mencoba untuk secara manual mengkonfigurasi IP address untuk mesin virtual. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
1.      Di Panel kontrol, klik dua kali sambungan jaringan dan Dial-up. 

Catatan Jika Anda menggunakan Windows XP, klik beralih ke tampak klasik untuk melihat ikon standar dan klik dua kaliSambungan jaringan.
2.      Klik kanan atau kontrol-klik ikon Sambungan Area lokal , dan kemudian klik Properti.
3.      Gulir ke bagian bawah daftar, dan kemudian klik Protokol Internet (TCP/IP).
4.      Klik Properti, dan kemudian klik gunakan mengikuti IP address.
5.      Dalam kotak menggunakan alamat IP berikut , ketik:
192.168.131.###
mana ### adalah setiap nomor antara 175 dan 200. 

Catatan Angka-angka ini adalah hanya disarankan angka yang paling mungkin mengganggu dengan alamat yang ada di jaringan Anda. Setiap nomor antara 2 dan 251 juga dapat bekerja.
6.      Dalam kotak Subnet mask , ketik:
255.255.255.0
7.      Dalam kotak Default Gateway , ketik:
192.168.131.254
8.      Klik menggunakan alamat server DNS berikut, dan kemudian dalam kotak server DNS yang Anda pilih dan dalam kotak server DNS alternatif , ketik:
192.168.131.252
9.      Klik OK, dan kemudian restart mesin virtual.
Jika Anda tidak dapat terhubung ke Internet dengan mengikuti langkah-langkah ini, Virtual PC mungkin tidak dapat menemukan server DNS Mac Anda, dan Anda harus memasukkan alamat IP server secara manual ke dalam Virtual PC. 

Lihat bagian "Menemukan Anda Macintosh DNS Server" dari artikel ini untuk menemukan server DNS Macintosh Anda, dan kemudian ketik ke dalam kotak Urutan pencarian DNS Server yang dijelaskan sebelumnya dalam artikel ini.

Menemukan Server DNS Anda Macintosh

Untuk menemukan alamat server DNS Macintosh Anda, pastikan bahwa koneksi Internet Anda bekerja pada Macintosh, dan kemudian ikuti langkah-langkah untuk versi sistem operasi Macintosh.
Mac OS 9
1.      Buka Control Panel, dan kemudian klik ikon TCP/IP .
2.      Server DNS Macintosh Anda muncul di bawah nama server addr di bagian bawah jendela.

Catatan Jika server DNS Macintosh muncul, hubungi ISP, atau menggunakan perangkat lain untuk menentukan Server DNS Anda Macintosh.
Mac OS 10
1.      Buka System Preferences, dan kemudian klik ikon Jaringan .
2.      Klik menu tarik-turun Tampilkan , dan kemudian klik perangkat yang Anda gunakan untuk tersambung ke Internet (misalnya, klik Built-in Ethernet).
3.      Server DNS Macintosh Anda muncul di kotak Server DNS (opsional) di sebelah kanan.
Anda juga dapat menggunakan Terminal program di Utilities folder untuk menentukan DNS server.
1.      Saat Anda diminta di utilitas Terminal , ketik:
Nslookup
2.      Tekan tombol kembali.
3.      Informasi yang sama dengan informasi berikut akan muncul:
4.       
Default Server: dnssrvr.domain.com Address: 10.0.0.11 
Nomor yang tercantum (dalam kasus ini, 10.0.0.11) adalah alamat IP server DNS. Menggunakan nomor ini jika Anda harus secara manual mengkonfigurasi DNS server dalam dua bagian sebelumnya

1 komentar: