Sabtu, 06 Oktober 2012

kesimpulan, definisi telematika, perkembangan telematika, trend telematika

kesimpulan, definisi telematika, perkembangan telematika, trend telematika

Kesimpulan :

Dari ulasan mengenai telematika tadi dapat ditarik kesimpulan, bahwa Kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis telematique, yang atinya adalah sebuah gabungan sistem jaringan komunakasi dan teknologi informasi (Telecomunication and Informatics) sebagai wujud dari perpaduan konsep computing and communication . Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe. Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai ( The New Hybrid Technology ) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Istilah telematika juga merujuk pada hakekat cyberspace, yaitu sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Sedangkan menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika Telematika di Indonesia, disebutkan bahwa teknologi telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, telematika diartikan sebagai singkatan dari tele = telekomunikasi, ma = multimedia, dan tika = informatika.

Perkembangan telematika di Indonesia terbagi dalam beberapa periode yaitu ; periode rintisan, periode pengenalan, periode aplikasi. Perkembangan telematika di Indonesia berjalan cukup lamban, tetapi dengan makin mudahnya mendapatkan informasi dan mulai masuknya pasar teknologi di Indonesia akan menstimulus perkembangan telematika di Indonesia.

Seiring dengan makin bertambahnya kebutuhan manusia akan informasi,hal tersebut dapat dijadikan sebuah standar teknologi informatika untuk dijadikan sebuah tren dalam teknologi informatika dan hal ini dapat menyebabkan munculnya berbagai macam telematika atau teknologi informatika yang modern, yang dapat memenuhi kebutuhan manusia akan informasi . Dalam hal ini teknologi yang powerfull, maksud powerfull disini adalah kemampuan teknolgi informatika dalam prosesnya yang cepat sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan informasi. Dan tidak perlu memakan waktu yang lama (efisien) akan kebutuhan informasi. Dan masih banyak yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar