Minggu, 28 Oktober 2012

FITUR PADA ANTARMUKATELEMATIKA


FITUR PADA ANTARMUKATELEMATIKA

Pengertian telematika adalah bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologiinformasi.Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistemoperasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmukaadalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapatdua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical UserInterface(GUI).Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna(user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasidari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basispengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikanpanduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apayang akan dilakukan terhadap suatu sistem.Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalammengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.Jenis-jenis antar muka:1.

Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasimelalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasitersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yangberbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lainsebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com
 

Pengantar Telematika
atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannyaPowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkanpada Apple namanya adalah commandshell.Sekilas CLICLI atau Command Line Interface, atau Antarmuka Baris Perintah - adalah suatu bentuk penggunaan komputer berbasis teks - dimana pengguna komputer memberikan perintah(baca : command, atau input) kepada komputer melalui pengetikan sejumlah barisperintah untuk kemudian diolah (baca : diproses) agar menjadi sebuah keluaran (baca :output).Proses masukan (input) dan keluaran (output) pada sebuah komputer atau disebut jugadengan I/O adalah hal yang wajib dipelajari oleh para siswa yang ingin mempelajari ataumendalami mata pelajaran pengenalan komputer (bagi sekolah menengah) atau ilmuteknik informatika (pada perguruan tinggi).Tampilan antarmuka pengguna atau user interface UI pada CLI - biasanya - adalahberbasis teks yang sangat sederhana dan tidak serumit tampilan UI berbasis jendela (baca: window). Pengguna komputer cukup memberikan input pada layar berbasis tekssederhana yang ditandai dengan kursor atau cursor yang berkedip - yaitu sebuah tandabahwa komputer siap menerima perintah dari pengguna.Pada umumnya proses penggunaan antarmuka baris perintah (CLI) ini biasa juga disebutdengan akses konsole atau console - walaupun istilah konsole juga mengacu padaantarmuka berbasis jendela yang sangat rumit.[edit] Penggunaan CLICLI umum digunakan pada sistem operasi berbasis Unix, Linux maupun lainnya -terutama untuk pemrograman sistem dasar seperti : fungsi date untuk menampilkanwaktu pada sistem, uname, echo, ifconfig dsb. CLI sangat berhubungan dengan bahasapemrograman yang digunakan pada sebuah sistem operasi atau yang biasa dikenaldengan shell - yaitu lingkungan bahasa pemrograman tertentu yang digunakan dalammembangun atau mengembangkan sistem operasi tersebut.Beberapa contoh bahasa pemrograman yang berhubungan dengan CLI dan shell :* csh atau C-Shell* sh atau Shell* bash atau Born Again-Shell
 
 

Pengantar Telematika
* ksh atau Korn-Shell* dsbSetiapnya memiliki kemampuan dan karakteristik maupun ciri khas tersendiri dalampenggunaannya sesuai dengan perpustakaan perintah (command library) yang dimiliki -yang berarti pengguna CLI harus mempelajari perpustakaan perintah sebelummemberikan perintah (input) pada komputer, atau komputer tidak akan mengerti apa yangdiperintahkan pengguna, bagaimana cara mengolah dan menampilkan hasilnya (output).Beberapa contoh input dan output sederhana dari sebuah perintah berbasis CLI :$ echo halohalo# echo salamsalamdimana baris teks 'echo halo' pada baris pertama adalah perintah (input), dan teks 'halo'pada baris kedua adalah keluaran (output) dari perintah 'echo halo'. Tanda '$' dan '#'merupakan tingkatan penggunaan shell pada sebuah sistem operasi sesuai hak pengguna(atau user right).2.

Graphical User Interface(GUI)
 GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksidengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, danmenggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP( window, icon, menu, pointing device).Telah banyak pihak yang membuat pustaka ataupun menerjemahkan berbagai pustakadari bahasa pemrograman lain. Beberapa pustaka tersebut yang populer digunakan, yaitu:* DWTDWT merupakan salah satu pustaka grafis jendela OOP untuk Windows. DWTditerjemahkan dari SWT yang dimiliki Eclipse yang menggunakan bahasa JAVA.Aplikasi yang dikembangkan dengan pustaka ini akan memiliki antarmuka sepertiaplikasi jendela pada JAVA dengan SWT. Poseidon merupakan salah satu editor untuk Dyang dikembangkan dengan DWT.
 

Pengantar Telematika
* DFL (D Framework Library)DFL merupakan salah satu pustaka grafis jendela OOP untuk Windows yang memadukanpemrograman jendela dengan operasi socket, registry dan fungsi lainnya pada Windows.Dalam prakteknya, penggunaan pustakan ini benar-benar memudahkan kita sepertihalnya menggunakan object Windows pada C#.* GLFWGLFW merupakan salah satu pustaka gratis untuk pemrograman Open GL. Walaupunaplikasi ini dikembangkan untuk berbagai kompiler bahasa C seperti Borland, Pelles,Visual C, tetapi pustaka ini juga memiliki dukungan terhadap bahasa pemrograman lainseperti Visual Basic, LUA, Assembler, D.[sunting] Integrated Development EnvironmentBanyak pihak yang telah membuat IDE untuk bahasa pemrograman D. Beberapadiantaranya adalah* Poseidon (Windows & Linux)Sebuah editor tingkat menengah dengan kemampuan auto completion dan manajemenfile serta integrated debugging.* DCode (Windows)Sebuah editor sederhana dengan line number dan pewarnaan keyword tertentu.* LEDS (Linux)* Entice (Windows)Sebuah editor yg memiliki antarmuka visual untuk pengembangan aplikasi GUI berbasisDFL.* scite4dTerdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fituritu antara lain:
1.Head Up Display System
 Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan datatanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandangbiasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala
 

Pengantar Telematika
yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depandaripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil,kendaraang bermotor danaplikasi lainnya.
2.Tangible User Interface
 Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapatberinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable UserInterface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorangprofesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group.Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikanbentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dandiamati secara langsung.
3 Computer Vision.
 Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesinyang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yangdigunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasidari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video,pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaianmedis.
4.Browsing Audio Data
Sebuah metode browsing jaringan disediakan untuk browsing video / audio data yangditembak oleh sebuah IP.
 5.Speech Recognition
 Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) ataupengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fiturantarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenaldilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimanadigunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apayang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berartidapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
6.Speech Synthesis
 Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapatditerapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS)merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
 

Pengantar Telematika
Contoh tampilan antarmuka baris perintah :Sebagai contoh lain penggunaan fitur antarmuka pada telematika, antara lain Yahoomaildsb.Sekarang, pengguna layanan webmail pun bisa mengakses email-nya saat sedang offline,tak terhubung dengan internet. Caranya dengan menggunakan aplikasi Yahoo!Contoh
1.

Zimbra Desktop
Pada pertengahan September 2007, Yahoo mengakuisisi Zimbra, salah satu perusahaanyang bergerak di bidang aplikasi email dan kolaborasi, untuk memperluas pasar online-nya. Akuisisi senilai USD350 juta itu telah membuahkan hasil. Akhir Juli lalu, versi Beta3 dari Yahoo! Zimbra Desktop telah tersedia untuk diunduh. Pemilik akun Yahoo!Mail,Gmail, dan AOL Mail adalah yang pertama bisa merasakan nikmatnya mengakseswebmail secara offline.Selain itu, Zimbra Desktop juga bisa dipakai untuk mengakses email yang mendukungIMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Aplikasi ini,tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS; diposisikan untuk bersaingdengan Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird. Saat penggunanya tak terhubungdengan internet, Zimbra Desktop akan berfungsi layaknya sebuah aplikasi standalone. Ia
 

Pengantar Telematika
bisa dioperasikan untuk membaca setiap email yangtersimpan dalam inbox. Selain itu, penggunanya pun bisa melakukan beragam settingfungsi dan tampilan, serta mengakses fitur-fiturnya. Dalam keadaan online, penggunabisa menarik email-email baru ke dalam mailbox Zimbra Desktop-nya.• Tampilan dan FiturAplikasi all-in-one email account ini hadir dengan antarmuka yang manis dan mudahdipelajari. Tampilannya kurang lebih sama dengan tampilan Yahoo!Mail yang baru(bukan versi klasik). Pengguna bisa menampilkan percakapan email pada kotak di bagianbawah mailbox. Beberapa fitur yang bisa ditemukan dalam aplikasi ini antara lain fiturdokumen, task, dan briefcase.• KelebihanDengan dukungan terhadap beberapa akun email sekaligus, pengguna Zimbra Desktoptak perlu repot membuka satu per satu akun webmail-nya. Praktis—itulah kelebihanpertama yang ditawarkan oleh aplikasi multiplatform ini. Anda bisa menyimpan semuakontak pada beberapa akun dalam satu lokasi. Semua kontak bisa disimpan dalam format.Csv untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan backup. Kelebihan lainnya bisadilihat dari sisi produktivitas. Bayangkan ini: Anda adalah pekerja mobile, penggunaakun webmail, dan sering ditugaskan pergi ke daerah terpencil yang jarang akses internet.Anda banyak melakukan korespondensi dengan klien dan kerabat via akun webmailAnda. Meski Anda punya sebuah laptop untuk bekerja, tanpa internet Anda tak bisamembuka akun webmail Anda untuk membaca email dari klien yang tersimpan dalaminbox, dan yang kebetulan Anda perlukan untuk membuat laporan. Mencari tempat yangmenyediakan akses internet mungkin bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah ini.Namun, itu jelas bukan solusi yang praktis. Zimbra Desktop bisa memecahkan masalahdengan lebih cepat. Zimbra Desktop menggunakan AJAX, teknologi canggih Web 2.0,yang dirancang untuk mengelola beberapa akun email dengan standar kapasitaspenyimpanan multi-gigabyte. Dalam hal ini, Zimbra mengklaim aplikasi buatannya jauhlebih unggul dari Microsoft Outlook yang hanya menawarkan kapasitas mailbox 2GB.Satu lagi yang tak kalah penting, aplikasi ini terbuka dan bisa diunduh secara gratis.Kalau mau, pengguna Zimbra Desktop juga bisa menggunakan Zimbra Desktop denganZimbra Collaboration Suite (ZCS). Dengan ZCS, pengguna bisa mengakses email darikomputer atau perangkat genggam manapun. Tapi, aplikasi yang satu ini tidak gratis.
2. VideoConference
Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video danaudio secara real time. Teknologi yang digunakan untuk layanan video conferencekomersial pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch DigitalNetwork) dengan standar H.320. Secara fungsional, elemen pendukung layanan videoconference terdiri dari:
 

Pengantar Telematika
• Terminal video conference atau endpoint videoconference, adalah perangkat yang berada di sisi pengguna video conference.• MCU (Multipoint Conference Unit), adalah semacam server yang berfungsi sebagaipengendali konferensi yang melibatkan banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.• Gateway dan gatekeeper adalah media yang melakukan proses adaptasi komunikasivideo conference berbasis ISDN ke IP dan sebaliknya.Jenis Video Conference berdasarkan hubungan diantara pemakainya dapat dibagimenjadi tiga bagian:• Real Time Colaboration Multiparty Conferencing, merupakan sarana hubungankonferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.• Active Participation Users, hubungan yang terjadi diantara pemakai dengan jaringankomputer atau basis data, merupakan konferensi yang seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.• Passive Participation Users, keikutsertaan pemakai bersifat pasif dan memerlukanhubungan yang seketika dan interaktif. Sistem Terminal Video.
3. Head- Up Display ( HUD )
Sebuah head-up display, atau disingkat HUD, adalah setiap tampilan yang transparanmenyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atauyang biasa. Asal usul nama berasal dari pengguna bisa melihat informasi dengan kepala“naik” dan melihat ke depan, bukan memandang miring ke instrumen yang lebih rendah.Meskipun mereka pada awalnya dikembangkan untuk penerbangan militer, HUDssekarang digunakan dalam pesawat komersial, mobil, dan aplikasi lainnya. HUDspertama kali diciptakan pada dasarnya statis kemajuan teknologi pemitar pesawat tempurmiliter. HUDs terbagi menjadi 3 generasi yang mencerminkan teknologi yang digunakanuntuk menghasilkan gambar.• Generasi Pertama – menggunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layerfosfor, memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu ke waktu dari lapisan layer fosfor.Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah dari jenis ini.• Generasi Kedua – menggunakan sumber cahaya padat, misalnya LED, yang dimodulasioleh sebuah layar LCD untuk menampilkan gambar. Ini menghilangkan memudar denganwaktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk sistem generasi pertama. Sistemini pada pesawat komersial.• Generasi Ketiga – menggunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secaralangsung dalam Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi.Komponen pada HUD terdiri dari beberapa tipikal yaitu Sebuah Kombinasi, paraProjector Unit, dan video komputer generasi. Pada awal HUDs, ini dilakukan melaluipembiasan, meskipun menggunakan refleksi HUDs modern. Unit proyeksi menggunakanKatoda Ray Tube, Dioda cahaya, atau layar kristal cair untuk memproyeksikan gambar.Unit proyeksi dapat berupa di bawah ini (seperti kebanyakan pesawat tempur) atau di atas(seperti dengan transportasi / pesawat komersial) yang Combiner.
 

Pengantar Telematika
4. Tangible User Interface ( TUI )
Sebuah Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana orangberinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Nama awal GraspableUser Interface, yang tidak lagi digunakan. Salah satu pelopor dalam antarmuka penggunanyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalaiBerwujud Media Group. Pada visi-Nya nyata UIS, disebut Berwujud Bits, adalahmemberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara langsung dimanipulasidan terlihat. Bit nyata mengejar seamless coupling antara dua dunia yang sangat berbedadari bit dan atom.Karakteristik Berwujud User Interfaces :1.Representasi fisik digabungkan untuk mendasari komputasi informasi digital.2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.3.Representasi fisik perseptual digabungkan untuk secara aktif ditengahi representasidigital.4. Keadaan fisik terlihat “mewujudkan aspek kunci dari negara digital dari sebuah sistem.Contoh dari TUI adalah logat, pelaksanaan TUI membantu membuat produk ini lebihmudah diakses oleh pengguna tua produk. ‘teman’ lewat juga dapat digunakan untuk mengaktifkan interaksi yang berbeda dengan produk.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar