Sabtu, 16 Oktober 2010

Ronaldo Bawa Madrid Kuasai La Liga

Ronaldo Bawa Madrid Kuasai La Liga
Barcelona hanya beberapa jam menguasai puncak klasemen La Liga Spanyol sebelum diambil alih Real Madrid.

Penantian Real Madrid untuk menduduki puncak klasemen La Liga Spanyol berakhir sudah. Madrid merebut posisi teratas setelah menghajar tuan rumah Malaga 4-1 di Estadio La Rosaleda, Minggu (17/10) dinihari WIB.

Kini, Madrid memiliki poin 17. Mereka unggul satu poin dari Barcelona yang bertengger di peringkat pertama beberapa jam sebelumnya.

Pekan ketujuh La Liga diwarnai persaingan ketat dalam memperebutkan posisi puncak. Valencia yang sebelumnya berada di peringkat pertama terpaksa lengser setelah dikalahkan Barca 2-1. Padahal, Valencia sempat unggul lebih dulu sebelum Barca berbalik unggul.

Kemenangan atas Valencia mengantarkan Barca menguasai tahta klasemen. Namun, euforia Barca tak bertahan lama. Sesaat kemudian, Madrid yang menggeser posisi mereka setelah menghajar Malaga.

Posisi puncak bisa kembali berubah karena Villarreal berpeluang menggusur Madrid yang akan menghadapi Hercules, Senin (18/10). Bila mengalahkan Hercules, maka Villarreal yang menduduki peringkat pertama.

Menghadapi Malaga, Madrid mampu menunjukkan permainan terbaik. Dimotori sang bintang Cristiano Ronaldo, mereka tak menemui kesulitan mengatasi perlawanan tuan rumah.

Dalam pertandingan itu, striker Gonzalo Higuain dan Ronaldo masing-masing memborong dua gol. Hanya, Ronaldo pantas menjadi yang terbaik karena memberikan dua assists untuk Higuain.

Pada menit-menit awal, kedua tim masih menunjukkan permainan seimbang. Kiper Iker Casillas pun sempat mendapat ancaman melalui serangan yang dibangun secara rapi oleh pemain Malaga.

Namun, Madrid tak terpengaruh. Permainan menyerang yang diperagakan menunjukkan pasukan Jose Mourinho tampak percaya diri saat tampil di kandang lawan. Bahkan Madrid sudah memberi peringatan bagi pertahanan Malaga saat tendangan Sami Khedira mengenai mistar gawang.

Permainan gemilang diperlihatkan Ronaldo. Bintang asal Portugal ini tak hanya menjadi motor serangan bersama Higuain tapi juga inspirator permainan los Merengues. Umpan matangnya kepada Higuain mengantarkan Madrid unggul di menit ke-30.

Dari sektor kanan pertahanan Malaga, Ronaldo melepaskan umpan panjang yang disambut dengan tendangan Higuain yang menaklukkan kiper Galatto. Setelah gol itu, Madrid makin menunjukkan dominasinya.

Ronaldo memperbesar keunggulan Madrid melalui kerjasama yang manis dengan Mesut Oezil. Ia menyelesaikan umpan dari Oezil menjelang berakhirnya babak pertama.

Di babak kedua, penampilan Madrid tak menurun. Mereka menunjukkan konsistennya dengan melakukan tekanan terhadap pertahanan Malaga. Sementara, tuan rumah hanya sesekali melakukan serangan yang tak membahayakan gawang Casillas.

Madrid kembali menambah gol melalui eksekusi penalti Ronaldo di menit ke-50. Penalti dihadiahkan kepada Madrid setelah Edu Ramos mengganjal Oezil di kotak penalti.

Malaga sempat memperkecil ketinggalannya di menit ke-55. Gol tersebut dihasilkan oleh Kris Stadsgaard. Namun gol itu tak mampu membangkitkan semangat pemain Malaga.

Mereka tetap kesulitan keluar dari tekanan tim tamu. Bahkan Madrid memantapkan keunggulannya pada menit ke-65. Gol keempat Madrid dihasilkan Higuain yang menyelesaikan umpan Ronaldo.

Kemenangan tersebut menjadi modal penting Madrid yang akan menghadapi AC Milan dalam big match Liga Champions di Santiago Bernabeu, Selasa (19/10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar