Kamis, 15 November 2012

DFL (D Framework Library)

DFL (D Framework Library)DFL merupakan salah satu pustaka grafis jendela OOP untuk Windows yang memadukanpemrograman jendela dengan operasi socket, registry dan fungsi lainnya pada Windows.Dalam prakteknya, penggunaan pustakan ini benar-benar memudahkan kita sepertihalnya menggunakan object Windows pada C#.* GLFWGLFW merupakan salah satu pustaka gratis untuk pemrograman Open GL. Walaupunaplikasi ini dikembangkan untuk berbagai kompiler bahasa C seperti Borland, Pelles,Visual C, tetapi pustaka ini juga memiliki dukungan terhadap bahasa pemrograman lainseperti Visual Basic, LUA, Assembler, D.[sunting] Integrated Development EnvironmentBanyak pihak yang telah membuat IDE untuk bahasa pemrograman D. Beberapadiantaranya adalah* Poseidon (Windows & Linux)Sebuah editor tingkat menengah dengan kemampuan auto completion dan manajemenfile serta integrated debugging.* DCode (Windows)Sebuah editor sederhana dengan line number dan pewarnaan keyword tertentu.* LEDS (Linux)* Entice (Windows)Sebuah editor yg memiliki antarmuka visual untuk pengembangan aplikasi GUI berbasisDFL.* scite4dTerdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fituritu antara lain:
1.Head Up Display System
 Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan datatanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandangbiasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala
 

Pengantar Telematika
yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depandaripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil,kendaraang bermotor danaplikasi lainnya.
2.Tangible User Interface
 Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapatberinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable UserInterface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorangprofesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group.Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikanbentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dandiamati secara langsung.
3 Computer Vision.
 Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesinyang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yangdigunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasidari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video,pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaianmedis.
4.Browsing Audio Data
Sebuah metode browsing jaringan disediakan untuk browsing video / audio data yangditembak oleh sebuah IP.
 5.Speech Recognition
 Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) ataupengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fiturantarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenaldilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimanadigunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apayang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berartidapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
6.Speech Synthesis
 Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapatditerapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS)merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar